JADWAL REUNI TH. 2011

Agustus 20, 2011

REUNI Tahunan akan dilaksanakan di rumah Bapak Solikin pada tanggal 4 september 2011. hadir ya !

REUNI IKASAGUPA SPG PURWODADI 1986

Agustus 20, 2011

Tepatnya hari Sabtu 20 Agustus 2011 di RM Sukarasa Sukoharjo Purwodadi pukul 15.30 WIB. Sejumlah alumni SPG bertemu merencanakan program Reuni Akbar th. 2011. Hadir ditempat tersebut adalah para aktivis antara lain Sdr siswoyo, Hartoyo, Sumaryono, Kusdi, Solikin, Nur Agung Wibowo, Narto, Mujiono, Mashadi, Sularsono. Hasil forum tersebut adalah Reuni akan dilaksanakan pada tgl 26 Desember 2011 dengan mengikutsertakan para Guru SPG dan rekan-rekan alumni sekitar 120 an orang.

UJIAN TESIS

Juni 12, 2011

Bila kita mendengar kata ujian, maka hati dan jantung sempat merasa cemas dan jantung nyut-nyutan beberapa detik . Hal itu terjadi karena kegiatan itu akan mengukur kemampuan kita. Apalagi ujian tesis yang membutuhkan persiapan luar dalam.

Namun penulis mencoba tuk tegar menghadapi dan mempertahankan segala sesuatu yang telah dituliskan pada tesis tersebut. Walaupun dosen penguji termasuk killing , penulis tak takut dan gentar.

Metode menghadapi ujian tesis pun telah kupelajari. Mulai dari bagaimana tatacara masuk, berjabat tangan, mempresentasikan, sampai menjawab pertanyaan – pertanyaan.

Judul Tesisku adalah “Budaya Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran ( Studi Situs SD Negeri 1 Getasrejo Kecamatan Grobogan)” Adapun Dosen pengujinya adalah Prof. Dr. Sutama, M.Pd., Dr. Suyatmini,MSi, Dr. Haryoto.

Ujian tesisku hanya berlangsung Hari Jumat, 27 Mei 2011 dalam beberapa menit saja yaitu 60 menit. Pertanyaan demi pertanyaan berhasil kujawab. Ketiga dosen silih berganti memberikan pertanyaan , ada yang mencari tahu, ada yang menguji keteguhan, dan ada yang mencari – cari kesalahan. Namun itulah tugasnya. Setelah waktu genap 60 menit , berakhirlah ujian tersebut dan diumumkan LULUS DENGAN REVISI.

Hati dan pikiran mulai reda karena tinggal revisi yang diberi tenggang waktu 30 hari dari ujian.

Penulis bersyukur kepada Tuhan YME, yang telah memberikan kekuatan, ketabahan dan anugrah kepada penulis sehingga dapat lulus menyelesaikan pendidikan Tinggi S2 program Magister Pendidikan. (M.Pd.) di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Semoga ini menjadi teladan bagi putra-putriku, syukur kepada teman-teman, saudara yang baru ingin melanjutkan studi.

Salam hormatku

Narto

ALAT PERAGA MURAH

Agustus 9, 2010

Namanya APM ( alat peraga murah ), tentu saja terbuat dari bahan-bahan yang mudah kita dapatkan di lingkungan siswa dan murah harganya. APM ini dapat dibuat oleh guru dan siswa. Hal ini bertujuan agar guru dan siswa kreatif di dalam proses pembelajaran. Ingin tahu cara membuat APM , RANGKAIAN PARAREL darul

PROMOSI PSBG RA. KARTINI

Agustus 9, 2010

Pusat Sumber Belajar Gugus ( PSBG ) sebagai wahana peningkatan profesional guru di wilayah gugus. Sebagai bentuk implementasi tugas , PSBG harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik agar ke lima fungsi dapat berjalan secara efektif. Adapun ke lima fungsi tersebut adalah sbb:
1. Fungsi Pertemuan
2. Fungsi Pengembangan
3. Fungsi Produksi
4. Fungsi Informasi
5. Fungsi Pemasaran
Agar PSBG dapat dikenal maka perlu promosi keberadaannya. promosi

BUDAYA LUHUR BANGSA YAHUDI

Agustus 9, 2010

Bangsa Yahudi dipandang musuh bangsa Arab . Demikianlah adanya. Entah kenapa kedua bangsa ini tak pernah rukun. Semua ingin menang, semua egois dengan keyakinan. Seakan dunia ini harus dikuasai oleh salah satu bangsa ( harus ada bangsa yang musnah). Toleransi, persahabatan, perdamaian bukan menjadi tujuan dari mereka untuk hidup di dunia menuju ke akherat namun akheratlah yang dituju. Hidup atau mati, benar atau salah. Kita sebagai orang timur hanya mendoakan agar bangsa itu menjunjung tinggi perdamaian, toleransi, dan kerukunan di dunia. Kita mengambil yang baik buat bangsa ini dari bangsa yang berseteru. Sebagai contoh budaya bangsa yahudi dalam memajukan pendidikan sangat luar biasa.

Artikel Dr Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Setelah berada 3 tahun di Israel karena menjalani housemanship di beberapa rumah sakit di sana. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar?”
Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar? Kenapa Tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri?
Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya. Sekadar untuk Anda ketahui, tesis ini memakan waktu hampir delapan tahun. Karena harus mengumpulkan data-data yang setepat mungkin.
Marilah kita mulai dengan persiapan awal melahirkan. Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang mengandung, sang ibu akan sering menyanyi dan bermain piano. Si ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami.
Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika.

Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?”

Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.”
Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya.

Kembali ke matematika tadi, tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai tiba saat melahirkan.

Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala (sekali lagi, tanpa kepala!) bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan.
Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan. Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. Menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan.
Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),”
ungkapnya.
Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam.
Uniknya, mereka akan makan buah-buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah-buahan dahulu. Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk.

Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah.

Merokok adalah tabu. Bila Anda diundang makan di rumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka.

Menurut ilmuwan Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan dari saintis gen dan DNA Israel.

Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever).

Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata-rata mereka memahami tiga bahasa: Hebrew, Arab dan Inggris. Sejak kecil mereka telah dilatih bermain piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban.
Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar.
Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi.

Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun kebelakang!” katanya.
Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi, olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari.
Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Disamping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.
Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius.
Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.

Satu lagi yg diberi keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi. Di akhir tahun diuniversitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Dam mereka harus mempraktekannya.
Anda hanya akan lulus jika tim Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta! Anda terperanjat?
Itulah kenyataannya. Entrpreneurship dan networking digelorakan.
Kesimpulan, pada teori Stephen adalah, melahirkan anak dan keturunan yang cerdas adalah keharusan. Tentunya bukan perkara yang bisa diselesaikan semalaman. Perlu proses, melewati beberapa generasi mungkin?
Bagaimana perbandingan perhatian pemerintah Indonesia dalam membina generasi penerus dibanding dengan negara tetangganya.
Ambil contoh tetangga kita yang terdekat adalah Singapura. Contoh yang penulis ambil sederhana saja, Rokok. Singapura selain menerapkan aturan yang ketat tentang rokok, juga harganya sangat mahal.
Benarkah merokok dapat melahirkan generasi “Goblok!” kata Goblok bukan dari penulis, tapi kata itu sendiri dari Stephen Carr Leon sendiri. Dia sudah menemui beberapa bukti menyokong teori ini.
“Lihat saja Indonesia,” katanya seperti dalam tulisan itu.0
Jika Anda ke Jakarta, di mana saja Anda berada, dari restoran, teater, kebun bunga hingga ke musium, hidung Anda akan segera mencium bau asak rokok! Berapa harga rokok? Cuma US$ .70cts !!!
“Hasilnya? Dengan penduduknya berjumlah jutaan orang berapa banyak universitas? Hasil apakah yang dapat dibanggakan? Teknologi? Jauh sekali. Adakah mereka dapat berbahasa selain dari bahasa mereka sendiri? Mengapa mereka begitu sukar sekali menguasai bahasa Inggris? Di tangga berapakah kedudukan mereka di pertandingan matematika sedunia?
Apakah ini bukan akibat merokok? Anda fikirlah sendiri?”

note: Dr. Stephen Carr Leon, nama yang masih misteri di ranah maya. Namun tanpa melihat “siapa”, setidaknya kita dapat mengambil “apa” di dalam tulisan ini. Wallahu a’lam.

SUARA HATI

Agustus 9, 2010

Suara hati merupakan sesuatu yang jujur, objectif, dan apa adanya. Merah dikatakan merah, putih dikatan putih. Suara hati itu tak manipulatif tapi murni. Tiada satu orangpun yang tahu persis suara hati orang lain kecuali hanya Tuhan. Orang yang pandai bersilat lidah, berbohong akan berlawanan dengan suara hatinya. Oleh karena itu kita lebih baik berbuat seperti suara hati kita.  Mari kita dengar lagu tentang suara hati berikut :

Unsur dan Lambang Unsur

Agustus 7, 2010

Hallo, Pembaca !

Anda tahu ndak , bahwa benda terdiri dari unsur-unsur ?  Nah , unsur-unsur tersebut dapat kita kenali beserta lambangnya sebagai berikut :

Unsur dan Lambang unsur
No Nama Unsur Lambang
1 Aktinum Ac
2 Alumunium Al
3 Amerisium Am
4 Antimonium Sb
5 Argon Ar
6 Arsen As
7 Astatin At
8 Aurum (emas) Au
9 Barium Ba
10 Berilium Be
11 Berkelium Bk
12 Bismut Bi
13 Bohrium Bh
14 Boron B
15 Bromin Br
16 Gadolinium Gd
17 Disprosium Dy
18 Dubminium Db
19 Einstenium Es
20 Erbium Er
21 Europium Eu
22 Fernium Fm
23 Fluorium F
24 Fransium Fr
25 Galium Ga
26 Germanium Ge
27 Kadmium Cd
28 Kalifornium Cf
29 Kalsium Ca
30 Karbon C
31 Klorin Cl
32 Kobalt Co
33 Krom Cr
34 Kurium Cm
35 Serium Ce
36 Sesium Cs
37 Tembaga Cu
38 Hafnium Hf
39 hassium Hs
40 Helium He
41 Holmium Ho
42 Hidrogen H
43 Indium In
44 Iodin I
45 Iridium Ir
46 Kripton Kr
47 Besi Fe
48 Lannmum La
49 Lawrensium Lr
50 Plumbun Pb
51 Platina Pt
52 Niobium Nb
53 Nitrogen N
54 Osmium Os
55 Oksigen O
56 Paladium Pd
57 Fosforum P
58 Plutonium Pu
59 Polonium Pc
60 Litium Li
61 Magnesium Mg
62 Lutetium Lu
63 Mangan Mn
64 Molibdenium Mo
65 Meitnerium Mt
66 Neon Ne
67 Neodimium Nd
68 Nikel Ni
69 Mendelevium Md
70 Hidrargirum (raksa) Hg
71 Neptunium Np
72 Kalium K
73 Praseodimium Pr
74 Prometium Pm
75 Protaktinium Pa
76 Radium Ra
77 Radon Rn
78 Renium Re
79 Rhodium Rh
80 Rutenium Ru
81 Rutherfordium Rf
82 Rubidium Rb
83 Samarium Sm
84 Skandium Sc
85 Seoborgium Sg
86 Selenium Se
87 Zink Zn
88 Tittan Ti
89 Wolfram W
90 Uranium U
91 Vanadium V
92 Xenon Xe
93 Iterbium Yb
94 Itrium Y
95 Zirkonium Zr
96 Silikon Si
97 Natrium Na
98 Perak Ag
99 Stronsium Sr
100 Teknesium Tc
101 Terbuim Tb
102 Telurium Te
103 Timah Sn
104 Belerang (sulfur) S
105 Tantalum Ta
106 Talium Tl

Gambar LUcu….

Agustus 4, 2010

Tujuanku ,  Nda……  jangan kau stress memikirkan dunia.

Hadapilah dunia dengan ceria. Belajar ya belajar tapi ada toleransinya. Jangan terlalu kau fokuskan dan paksakan otak lo pada pelajaran yang kau tak nyambung dan tak nyaman buat kau.

Saya yakin jika kau lihat iniotak lo jadi encer.

gambar lucu

Hayyo, main tebak-tebakan

Agustus 4, 2010

MAIN TEBAKAN LUCU

1. Apa fungsi ekor monyet?
Untuk menghitung monyet, 1 ekor, 2 ekor, 3 ekor, 4 ekor

2. Tahu apa yang paling besar?
Tahu isi Sumedang

3. Siapa yang lebih pintar dari Einstein?
Orang yang ngilangin bom atom hingga Einstein lah penemunya

4. Pekerjaan apa yang biasanya nyari posisi tempat kering, dan selalu mundur?
Tukang ngepel

5. Apa beda gadis baik-baik (GBB) dan gadis Nakal (GN)?
GB hanya punya SATU kartu kredit dan JARANG
DIPAKAI,GN hanya punya SATU BH dan JARANG DIPAKAI

6. Dari depan yang keliatan cuma tangan kanan doang?
Petugas jalan tol

7. Binatang apa yg kakinya lima?
Anjing kencing ngobrol sama ayam

8. Mana yang lebih pandai, anjing atau monyet?
Emang elo pernah sekelas sama mereka?

9. Kalo seandainya semua orang yang kaya menjadi miskin, lalu orang
miskin jadi apa?
Jadi Heran

10. Enak mana beras import sama beras lokal?
Enak nasi, emangnya elo doyan beras?

11. Mata, hidung, telinga, mulut, badan mirip kerbau,tapi bukan kerbau. Apaan tuh?
Gambar Kerbau

12. Kenapa lambang apotik ular sama gelas?
Karena kalau gajah, gelasnya pecah

13. Kenapa kapal terbang nggak bisa mundur?
Karena kapal terbang nggak punya spion

14. Lahir di Arab, besar di Arab, tapi ngga bisa bahasa Arab?
Unta

15. Kenapa leher angsa panjang?
Karena kalau pendek namanya bebek

16. Buah apa yang tahu cuma monyet?
Mana gue tau, gue kan bukan monyet?elo kali yang tau jawabannya?

17. Binatang laut apa yang paling tua?
Udang, udah kecil, bongkok, pake?jenggot lagi

18. Kenapa Air Hujan selalu turun dari atas?
Kalo dari bawah namanya Air Mancur

19. Gajah apa yang belalainya pendek?
Gajahnya Shinchan

20. Apa bedanya monyet sekarang sama monyet jaman dahulu?
Kalau monyet sekarang bisa baca teka-teki di internet

21. Apa persamaannya batu dengan buta?
Sama-sama tidak baik untuk mata.

22. Kuman apa yang dipatuhi teman-temannya?
Kumandan upacara

23. Kenapa Amrik bisa maju?
Karena disana, anak umur 5 tahun saja sudah bisa bahasa inggris.

24. Kenapa kecantikan lebih penting bagi seorang perempuan ketimbang
kepintaran?
Sebab lelaki yang bodoh jumlahnya lebih banyak dibandingkan lelaki
yang buta.

25. Kera apa yang kalo naik ke pohon nggak mau turun, tapi kalau di
bawah nggak mau naik?
Kerasan bok!!

26. Anak apa yang paling jelek di dunia?
Anak-anak bilang sih elo!

27. Mengapa batman pakai topeng?
Kerana malu celana dalamnya keliatan.

28. barang apa yang bikin penasaran?
Jawabannya besok aja ya…

29. Mobil apa yang bikin nervous, grogi, takut, dan stress?
Mobilang cinta takut di tolak.

30. Kenapa kalau sedang bercinta maraba raba?
Karena cinta itu buta

31. Apa persamaan naik mobil dan naik motor?
Orang naik mobil, kalau lagi hujan nggak kehujanan, kalau lagi panas
nggak kepanasan.Orang naik motor, kalau lagi hujan nggak kepanasan,
kalau lagi panas nggak kehujanan.

32. Binatang apa yang nggak pernah rugi?
Laba-laba

33. Panjangnya 15 cm, kemerahan,ada kepalanya, dan membuat cewek
tergila-gila. Apa hayo?
Duit seratus ribuan

44. Dari jauh seperti tinja, dari deket seperti tinja, tapi nggak bau.
Apaan tuh?
Foto tinja

45. Kenapa burung Bangau tiap bulan November terbang ke Selatan?
Soalnya kalau disuruh jalan kejauhan

46. Apaan yang bunder item kecil, tapi kalo loe sentil loe bisa masuk
rumah sakit?
Tahi lalat Marinir

47. Apakah benar kita bakal sial kalo ketemu ama kucing hitam?
Itu tergantung?kamu itu manusia atau tikus.

48. Kenapa orang-orang pada takut kehujanan?
Karena hujan itu kalo datang beraninya keroyokan.Coba kalo turunnya
satu persatu, pasti kagak ada yg bakalan takut, kan?

49. Kenapa di dalam bajaj nggak ada nyamuk?
Karena nyamuk sini cuma takut tiga roda

50. Jam apa yang bisa dimakan?
Jambu, monyet!!!

51. Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalo rambut hijau namanya apa dong?
Rambutan belum mateng

52. Daun apa yang nggak bisa dipegang?
Daun touch me!..you kNoW!!

53. Orang apa kalau dipukul gak sakit-sakit?
Orang gak kena, yeeeeeeeeee!

54. hebat mana, ayam ma sapi?
Ya Jelas ayamlah, Ayam kan bisa bikin telor mata sapi.Coba klo sapi.Apa bisa bikin telor mata ayam.

55. Apa yang luarnya mulus dalamnya amburadul?
Nenek naek mercy

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.